expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

WELCOME

Terima Kasih Telah mengunjungi Blog Saya...
Semoga Bermanfaat... :-)

Add My Face book : Riesa Tirta Maladewi
Follow My Twitter : @RiesaTirta



Senin, 12 Maret 2012

Daftar Istilah yang Berkaitan dengan Penulisan Novel atau Cerpen


·           Cerpen adalah singkatan dari cerita pendek, yakni suatu bentuk prosa naratif fiktif. Cerita pendek   cenderung padat dan langsung pada tujuannya dibandingkan karya-karya fiksi yang lebih panjang seperti novel.
·           Editor adalah seorang yang bertugas untuk mencari naskah, menyeleksi, lalu menyunting naskah tersebut, dan terakhir mengecek naskah yang sudah siap cetak. Pekerjaan editor itu bisa dilakukan oleh satu orang bisa juga beberapa orang.
·           Ending adalah akhir cerita. Untuk cerita anak-anak, biasa digunakan model happy ending atau cerita dengan akhir yang bahagia.
·           Fiksi adalah istilah sastra yang berarti tidak benar terjadi atau sebuah karangan belaka.
·           Faksi adalah karya tulis berbasis data dan fakta, tetapi dikisahkan layaknya cerita.
·           Ilustrator adalah suatu profesi didalam bidang seni rupa yang berspesialisasi dalam menyediakan ilustrasi bagi tulisan tertentu. Karya ciptanya disebut ilustrasi.
·           Naskah adalah salinan asli karya yang ditulis oleh seorang pengarang dalam penerbitan buku.
·           Nonfiksi adalah karya tulis yang bersifat faktual dan berbasiskan data serta dituturkan secara deskriptif.
·           Novel adalah karya fiksi prosa yang tertulis dan naratif, biasanya dalam bentuk cerita. Penulis novel disebut novelis. Novel lebih panjang (setidaknya 40.000 kata) dan lebih kompleks dari cerpen.
·           Outline naskah adalah daftar isi lengkap tentang materi yang akan diuraikan salam setiap bab, sub bab, berikut contoh-contoh, gambar, table yang akan disertakan.
·           Pengarang adalqh sebutan bagi orang-orang yang menciptakan suatu karya tulis.
·           Penerbit adalah industri yang berkonsentrasi memproduksi dan memperbanyak sebuah literatur dan informasi atau sebuah aktivitas membuat informasi yang dapat dinikmati publik.
·           Percetakan adalah sebuah proses industry untuk memproduksi secara missal tulisan dan gambar, terutama dagan tinta diatas kertas menggunakan sebuah mesin cetak. Percetakan merupakan bagian penting dalam penerbitan buku.
·           Print on Demand adalah jasa percetakan sebuah produk tercetak yang sesuai dengan jumlah permintaan. Seseorang bisa mencetak buku dalam jumlah terbatas bahkan satu eksemplar pun dapat dilayani dengan sistem print on demand.
·           Plot adalah rangkaian peristiwa yang menggerakkan cerita untuk mencapai efek tertentu.
·           Setting adalah gambaran tempat dan waktu, atau segala situasi ditempat terjadinya suatu cerita.
·           Tokoh fiktif adalah orang, personal, identitas, atau tokoh yang berasal dari sebuah karya fiksi. Proses membuat atau mengembangkan karakter fiktif disebut penokohan.

Dikutip dari buku karangan Anang YB yang berjudul Guru Writing Berdiri Murid Writing Berlari

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar