expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

WELCOME

Terima Kasih Telah mengunjungi Blog Saya...
Semoga Bermanfaat... :-)

Add My Face book : Riesa Tirta Maladewi
Follow My Twitter : @RiesaTirta



Jumat, 16 Maret 2012

Bacaan di Waktu Malam yang Akan Menolong Kita dari Siksa Kubur

1. Surat Al-Mulk

Rasulullah SAW biasa membaca malam hari surat Al-Mulk.

     Abuhurairah r.a. berkata : Nabi SAW bersabda : "Sesungguhnya ada satu surat dalam Al-Qur'an berisi tiga puluh ayat telah memberi syafaat pada orangnya hingga diampunkan dosa-dosanya yaitu Tabarakalladzi biyadihil mulku". (HR. Ahmad, Abu Dawud, Attirmidzi, Alhaakim Ibn Ady dan Ibn Hibbaan).

     Ibn Abbas r.a. berkata : "seorang sahabat Nabi s.a.w. memasang kemahnya diatas kuburan yang tidak diketahui bahwa itu kuburan, tiba-tiba terdengar suara orang membaca surat Tabarakalladzi biyadihil mulku, hingga habis, maka ia pergi memberitahu pada nabi s.a.w tentang kejadian itu, Maka sabda Nabi s.a.w. Surat itulah yang membela dan menyelamatkan dari siksa Allah dalam kubur." (H.R. Attirmidzi)

     Ibn Abbas r.a. berkata : "saya ingin bahwa surat Tabarakalladzi biyadihil mulku itu didalam hati tiap orang mu'min (yakni dihafal oleh tiap orang mu'min)". (R. Alhaakim)

2. Surat Assajadah

     Bacalah surat Almunjilah (yang menyelamatkan) yaitu alif lam mim tanzil Assajadah, sebab saya mendapat keterangan bahwa ada seorang yang biasa membacanya, dan tidak membaca lain-lainnya, sedang ia banyak berdosa, tiba-tiba surat ini menghamparkan sayapnya dan berkata : Ya Rabbi ampunilah orang ini, karena ia selalu membacaku, maka Allah menerima pembelaan (syafa'at)nya, dan berfirman : Tulislah untuk hamba-Ku itu ditempat tiap dosa hasanat dan naikkan derajatnya.

     Dilain riwayat : Sesungguhnya surat ini akan membela pada orang yang membacanya di dalam kubur, ia akan berkata : Ya Allah jika aku benar-benar dari kitab-Mu maka berilah padaku kesempatan memberi syafa'at padanya, jika tidak maka hapuslah aku dari kitab-Mu.

3. Surat Ad-Dukhan

     Pahalanya seperti tercantum dibawah ini :
Haa'mim ada tujuh dan pintu-pintu jahannam juga tujuh, maka tiap haa'mim akan tiba hari qiyamat tegak dimuka masing-masing pintu dan berkata : Ya Allah jangan Tuhan masukan di pintu ini orang yang dahulu percaya padaku dan selalu membacaku. (R. Albaihaqi)

     Abuhurairah r.a. berkata : siapa yang membaca surat haa'mim Addukhan di waktu malam, maka berpagi-pagi dibacakan istighfar oleh tujuh puluh ribu malaikat. (R. Attirmidzi)


NB : Ada baiknya semua amalan-amalan tersebut terlaksana setelah kita menunaikan ibadah yang wajib seperti sholat 5 waktu. semoga kita termasuk hamba Allah yang senantiasa bersyukur dan membalas rasa syukur kita dengan beribadah kepada-Nya...


di kutip dari buku karangan Ustadzah Dra. Hjh. Lutfiah Sungkar "Menggapai Rahmat Allah Melalui Shalat dan Do'a".



2 komentar: